Liburan telah tiba.. (Senggigi-Gilis island-Kuta)

Sebenarnya tulisan ini dibuat sebagai pengingat tentang LOMBOK. Seumur-umur baru kali ini berencana pergi ke Lombok. Bali sudah sering laaah yaa.. Hehe padahal baru 3 kali ke Bali. Tapi sekarang2 ini tujuan wisata turis2 baik domestik maupun mancanegara adalah Lombok dengan Gilis-nya, P. Derawan, Raja Ampat, dan Karimunjawa. Nah, beberapa tempat ini jadi favorit para turis, yang konon kabarnya pantainya sangaaaaat indaaah karena belum terjamah banyak orang.

Tentunya keputusan liburan ini menjadi dilema tersendiri. Pertama, aku baru saja tes IELTS tanggal 22 November 2014 yang lalu, dan kadang membuat mood antara yakin dan gak yakin lulus tes tsb. Kedua, cutiku yang sudah habis karena tahun ini ada pernikahan adik bulan September yg lalu, setelah konfimasi ke bag. SDMO di kantor cuti sayaah tinggal 1 hari dooonk… Hehe.. (cuti tinggal 1 hari itu bagai hidup segan mati tak mau) istilahnya nanggunglaaah.. Ketiga, suami tercinta maksa ikut, karena kesempatan training di luar kota seperti Lombok jarang banget. Suami biasanya training di seputaran Jakarta, Bandung, dan Bogor.

“Yaank, ikut ajaah lah ke Lombok, nanti jalan2 ke Gili Trawangan..” Rayu suamiku.

“Lah cuti habis, lagian rencana aku ambil tes lagi, jadi gak ada duit buat happy2. Tapi aku juga pengen ke Gili Trawangan, tmn2ku juga banyak yg uda ke sana. Di sana kan bagus terkenal sama terumbu karang dan pantai yg indah. Duuuh, gmn nih piih?” Tanyaku merundung.

“Yah, nanti aku yang atur biayanya, gratiis..tis.. Tinggal duduk manis di pesawat. Tenang aja. Pokoknya gak masalah kan bisa bolos” Kata suami.

“Hmmm.. gimana dengan kerjaku, bolos dong?? Tapi gara2 training bln kemarin pekerjaanku juga belum 100%. Ya uda deh aku pikirin ntar..”

Daaan.. belum sempet mikir uda dibeliin tiket pesawat tgl 30 November & 8 Desember, technically 9 days doonk.. Huahaha.. Yaaah berarti ini wajib hukumnya buat pergi dan bolos. Maaf ya bapak2 ibu2 di kantor, saya liburan dulu. Hehe.. Senang.. Riang..

Hari pertama kedatangan hingga Jumat (5 Desember), sayah sekeluarga menginap di Sheraton Senggigi Hotel. Tapi, saya kebanyakan hanya main di hotel dengan si kecil Roufan. Setiap hari saya renang dan berjalan-jalan di tepi pantai Senggigi yang langsung berhadapan dengan hotel. Wah puas bgt berenangnya. Tapi ternyata di luar ekspektasi saya sebelumnya, tidak semua pantai di Lombok indah. Sayangnya, Senggigi tidak lagi indah, air laut berwarna coklat, pasirnya pun berwarna krem gelap, dan kadang kalau sedang pasang dan mau hujan, sampah berdatangan di pinggiran pantai. Petugas hotel setiap pagi dan sore rajin membersihkan sampah2 dari laut. Sedih dan kadang BT saat lagi asik main di pantai ternyata banyak sampah, sempat petugas hotel melarang saya dan si kecil bermain air di pantai. “Mbak jangan main di sini, airnya sedang kotor, nanti takutnya gatal.” Shhhhshhh huuuuft…

Tapi, untuk hotel dan pelayanannya juaraaa.. Yah bintang 4.. Hehe.. Makanan juga yahuuud.

Jangan bilang pernah ke Lombok kalau belum nyoba makanan khasnya. Makanan yang paling juara menurut aku adalah ayam taliwangnya. Luar biasa, tapi juga pedes. Jadi ngileerr nih sambil nulisinnya. Bumbunya seperti bali gitu, cabai merah besar, bawang merah bawang putih, terus ayamnya dibakar. Belum lengkap tanpa sayur, sayur yang terkenal adalah plecing kangkung. Ini seperti kangkung biasa cuma ditambahkan sambal dan kacang di atasnya.

Selama 6 hari itu saya sekeluarga dinner di resto2 yang populer di Senggigi beach. Seperti Square, makanannya luar biasa, kita nyoba Grill Mahi2 Fillet dan Ayam Bakar Taliwang. Waah gak rugi deh. Untuk dessert-nya aku milih Chocolate Souffle, biasanya kan souffle itu rasa asin-gurih dengan keju, nah ini dengan coklat dan es krim, gimana bayanginnya?

Selain itu, sayah juga nyoba dinner di de Quake, ini terkenal dengan masakan Italia-nya, tapi sayaah hanya pesan Bruchetta sebagai appetizer-nya, dan  main course-nya nasi sayur lengkap (nasi rames gt) dan seafood (Ini karena kita sudah bosen dengan western cuisine, dari breakfast, lunch). Nah yang menarik di resto ini adalah view-nya yang langsung menghadap laut. Resto ini bersebelahan dengan Sheraton dan terletak di dalam kawasan Art Market.

Tak kalah menarik, untuk mencoba Sheraton Senggigi Resto (nah ini di saat2 saya dan suami malas keluar jauh2 karena hujan juga). Makanan di sini juga sama luar binasanya. Enak2… Sayah coba sate, shawarma beef (kaya kebab, dengan isian daging sapi, mantablaah), lobster, fish and chip, dan sop buntut (kalau yang ini lebih yahuud di Bandung, sop buntut Dahapati).

Selain itu, suami saya ada acara dinner bersama di Mataram. Lupa nama restonya (ini sedang berusaha searching di google), ini bener2 resto Indonesia banget, daaan sayaah suka sekalii.. Ayam bakar taliwang-nya bener2 yahud, sop kikil juga luar biasa. Pokoke maknyuus..

Selain itu, kami juga nyoba seafood di dekat Furama Seafood, murah dan lumayan enak.

Akhirnya hari ke 7, kami habiskan dengan berwisata ke Gili-gili…Waaah… Pantai-pantainya gilaaa!! Indahnya gak ketulungan. Menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Sheraton ke Teluk Nare. Karena beramai-ramai, kami charter boat sekaligus dengan fasilitas snorkling, per orang sekitar Rp. 225.000, tujuan pertama ke Gili yang terbesar yaitu Gili Trawangan. Di sana hanya diberi waktu 1 jam untuk berjalan2. Kami sewa sepeda Rp. 20.000,00/ jam. Ternyata oh.. ternyata di sana banyak sekali bule berkeliaran, seperti bukan di Indonesia. Huehehe… maklum penulis cupu. Banyak pula cafe2 dengan western cuisine-nya dan beberapa resto menawarkan sunbathing. Di sana kami hanya foto2 di pantai saja. Sayangnya hanya 1 jam. (Saya rasa kurang lama, sumpah belum ngapa2in, mungkin di lain waktu saya akan kembali ke tempat itu)

Selanjutnya, kami snorkling di antara gili-gili. Pertama-tamanya sih takut untuk ikut snorkling, karena gimana yah di laut bebas, ombaknya lumayan lagi. Eeeh.. ternyata setelah nyemplung gak mau keluar.. Ikan-ikannya warna-warni, dan semua warna ada. Subhanallaaah… Sungguh Maha Besar Allah SWT.. Dari clown fish, dori, ikan yang gepeng warna biru kuning, dan penyu juga ada. Titik pertama kami di sekitar Gili Meno, kabarnya sih Gili ini tempat orang honeymoon karena sepinya. Ombaknya agak besar, di sini hanya melihat-lihat ikan. Titik kedua masih di sekitaran Gili Meno, tapi ombak tidak terlalu besar dan hanya melihat-lihat ikan. Titik ketiga di masih di sekitar Gili Meno, di sini kami berusaha mencari penyu, ikan jarang terlihat, tapiii terumbu karangnya indah warna warni. Titik keempat di dekat Gili Air, di sini ikan2 kecil dan kita boleh memberi makan ikan, banyak ikan2 berdatangan.. Luucuuu kita bisa pegang2 ikan kecil2. Akhirnya lunch kita jam 3 sore.. Berakhir lunch di Gili Air. Huehehehe… keasikan snorkling.

Sorenya, sebagai tempat transit, saya dan keluarga menginap di Sunset Hotel di Senggigi. Karena esok harinya kami pindah ke Kuta.

Hari ke 8 kami pindah ke Kuta, daerah ini terkenal dengan pantainya. Dari pantai ke pantai. Pemandangannya yang luar biasa, pantainya masih bersih. Pantai pertama yang kami kunjungi adalah Selong Belanak. Pantai ini mempunyai struktur pasir yang lebih lembut dan putiiih sekali, berbeda dengan Gilis yang pasirnya kasar dan bercampur dengan karang, sakit sekali kalau terinjak. Selain pasir yang lembut, pemandangan diapit oleh bukit juga menjadi unik. Pantai selanjutnya adalah Mawun, mawun ini lebih indah dari sebelumnya, pantai yang terletak agak di bawah permukaan, sehingga view-nya dapat terlihat dari atas, pasirnya juga lembut seperti di Selong Belanak. Pantai ini lebih sepi dari yang sebelumnya, pantas saja sampai ada bule dua sejoli ciuman gak selesai2 (ampyuuun dah, ngrusak pemandangan!). Pantai ketiga adalah kuta. Nah, tak disangka pantai Kuta di Lombok tidak seindah bayanganku, agak kotor, tidak ada ombak (karena ombaknya hanya sampai di tengah-tengah sebelum ke pantai, mungkin dibatasi karang), sehingga airnya sangat tenang, dan sangat dangkal. Sebenarnya dalam tahapan pembangunan, jalan rayanya pun sedang diperlebar, dan dibangun taman di pinggiran pantai kuta. Daerah ini juga banyak turis mancanegara daripada domestik.

Karena hari sudah sore, akhirnya kami menginap di Puri Rinjani, puri ini terdiri atas beberapa cottages/bungalows. Kolam renang yang indah dan taman yang asri. Setiap cottage hanya terdiri dari satu kamar saja. Sayang, hotel ini belum sepenuhnya jadi, bagian depannya sedang direnovasi. Tapi tidak mengurangi keindahannya. Malam harinya kami dinner di Warung Bule, warung ini kami tahu dari info trip advisor. Hehehe… Keliatannya aneh dan tidak besar. Tapiii jangan underestimate duluu… Ternyata warung ini menyajikan menu western dan asian cuisine. Kali ini saya pesan mahi-mahi dan baramundi, tak lupa spring roll untuk appetizer. Bener2 maknyuss dan harganya ampuuun murah… Kaget juga ada resto seperti itu di daerah ini.

Hari ke 9 (8 Desember) dan perjalanan pulang ke Jakarta. Saya dan suami menghabiskan waktu di pagi hari ke Pantai Putri Nyale (katanya putri cacing). Pantai keempat ini dekat dengan Novotel Kuta Lombok. Alkisah ada seorang putri Mandalika yang cantik luar biasa sehingga beberapa pangeran dari berbagai kerajaan berebut mempersuntingnya dan hingga akan berperang satu sama lain. Akhirnya sang putri memilih menceburkan diri ke pantai dan menjadi cacing agar dapat dinikmati oleh seluruh rakyatnya. Pantainya indah, dan kebanyakan para turis ke sana untuk surfing, mereka membawa board mrk masing-masing. Memang ombaknya lumayan besar. Akhirnya jam 9 kami sudah bersiap untuk pulang ke bandara Lombok. Tapiiii, tetep mampir ke pantai-pantai di sekitar Kuta. Pantai kelima ini adalah Tanjung Ann. Pantai yang elok dengan ada batu besar di pinggir pantai. Kami berusaha menaiki batu besar tersebut untuk melihat pemandangan dari atas. Pasirnya sedikit besar2 tidak selembut di Selong Belanak. Kami hanya berfoto2 sesaat. Pantai keenam adalah pantai Seger yang dekat dengan Tanjung Ann. Pantai ini juga indah, masih bersih, dan berpasir putih.

Perfecto!!

Sampai jumpa LOMBOK the best destination for holiday!!

Auf Wiedersehen!

(Foto2 menyusul untuk diupload, sementara ini foto2 belum dipindah ke flashdisk)

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s